BTIK dan UPT Perpustakaan Kolaborasi Benahi Sistem Informasi Perpustakaan Universitas


PERPUSTAKAAN : Biro Teknologi Informasi dan Kehumasan (BTIK) berkolaborasi dengan UPT Perpustakaan untuk membenahi sistem informasi di lingkungan Perpustakaan.

PALANGKA RAYA – Guna peningkatkan kualitas pelayanan di Perpustakaan Universitas, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) terus melakukan pembenahan untuk memperbaiki pelayanan, khususnya dari segi sistem informasi. Untuk membenahi sistem informasi tersebut maka UPT Perpustakaan UMPR berkolaborasi dengan Biro Teknologi Informasi dan Kehumasan (BTIK).

Untuk mengawali kolaborasi ini maka Wakil Rektor II, Ika Safitri Windiarti, S.T., M.Eng., Ph.D mengundang kedua satuan unit kerja ini untuk menyamakan persepsi pada Senin (3/5). “Tentunya rapat antara UPT Perpustakaan dan Biro Teknologi Informasi dan Kehumasan ini dilaksanakan untuk penyamaan persepsi terkait Sistem Informasi Perpustakaan Universitas,” ujar Wakil Rektor II ini pada Senin (3/5). Rapat yang dipimpin oleh Wakil Rektor II ini dihadiri antara lain oleh Kepala BTIK (Misyanto, M.Pd) beserta Kepala Bagian Teknologi dan Sistem Informasi (Miftahurrizqi, M.Kom), dan juga Kepala UPT Perpustakaan (Dr. Asep Solikin, M.A) beserta seluruh personil UPT Perpustakaan.

Ika Safitri Windiarti, S.T., M.Eng., Ph.D mengemukakan bahwa BTIK sebagai Biro yang baru dibentuk oleh Universitas merupakan Biro yang dimandatkan untuk membereskan semua perihal mengenai Teknologi Informasi yang ada di setiap satuan unit kerja Universitas. “Perihal tersebut seperti website, bimbingan teknis, hingga menginventarisir kebutuhan sistem informasi tiap satuan unit kerja,”sambung Ika Safitri Windiarti, S.T., M.Eng., Ph.D.

Terkait kolaborasi antara BTIK dengan UPT Perpustakaan ini, Kepala UPT Perpustakaan UMPR Dr. Asep Solikin, M.A. mengatakan bahwa kolaborasi ini dilakukan dengan maksud untuk mengembangkan sistem informasi di Perpustakaan. “Pengembangan sistem informasi ini antara lain sistem repository, website, hingga sistem otomasi pelayanan,” ujar Dr. Asep Solikin, M.A. pada Senin (3/5)
Pengembangan Perpustakaan UMPR kedepan tentunya sangat didukung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Dr. Sonedi. M.Pd. “Universitas memberikan perhatian serius untuk pengembangan perpustakaan, karenanya Universitas mengharapkan perpustakaan UMPR dapat memberikan dampak yang baik bukan saja untuk lingkungan kampus tetapi lebih luas untuk masyarakat umum,” pungkas Dr. Sonedi, M.Pd. (ap/my)